Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin C

Vitamin C sangat berguna bagi tubuh kita. Daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik apabila asupan vitamin C dalam tubuh mencukupi. Sumber vitamin ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita, terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Tubuh akan menunjukkan tanda-tanda apabila kekurangan vitamin C. Ada beberapa gejala apabila tubuh kekurangan vitamin C, diantaranya :

  1. Kulit kasar dan kering. Vitamin C berperan penting untuk pembentukan kolagen dan sebagai antioksidan. Oleh karena itu, apabila kekurangan vitamin C, kulit tubuh akan terasa kasar dan kering.
  2. Menurunnya daya tahan tubuh. Vitamin C berhubungan erat dengan daya tahan tubuh. Bila asupan vitamin C kurang, maka tubuh akan mudah mengalami infeksi. Tubuh akan mudah memar. Salah satu gejalatubuh kekurangan vitamin C adalah memar berlebihan pada tubuh.
  3. Anemia. Anemia merupakan gejala tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk mengatasi kekurangan sel darah merah, tubuh membutuhkan asupan zat besi. Dan vitamin C berfungsi membantu penyerapan zat besi.
  4. Timbul masalah pada gusi dan gigi.  Vitamin C berkontribusi dalam kesehatan gusi dan gigi. Apabila kekurangan vitamin C, maka gusi akan mudah berdarah, gigi mudah rusak dan mempercepat gigi tanggal. Fungsi vitamin C pada kesehatan gusi dan gigi yaitu membantu mensistesis kolagen yang dibutuhkan oleh jaringan gusi dan gigi.
  5. Nyeri pada otot dan sendi. Kekuatan tulang dan sendi akan menjadi kurang stabil apabila asupan vitamin C sedikit.
  6. Kerusakan pada jaringan jantung. Kurangnya vitamin C dalam tubuh dapat membuat sel-sel pembuluh darah mengalami kerusakan. Sel yang rusak, biasanya akan terisi oleh kolesterol dan menyebabkan gangguan pada jantung. Mengonsumsi vitamin C secara rutin dengan dosis yang dianjurkan dapat memperkuat jantung.
  7. Wajah terlihat lebih tua. Vitamin C berperan dalam memproduksi kolagen. Sedangkan kolagen merupakan protein yang memperkuat struktur sel tubuh dan melindungi kulit dengan cara menghindari penyerapan dan penyebaran pantogen serta sel kanker. Bila produksi kolagen menurun, maka sel kulit akan mengendur dan terlihat tua.
Itulah beberapa gejala tubuh kekurangan vitamin C. Dengan mengosumsi vitamin C secara teratur dengan dosis yang tepat, maka daya tahan tubuh akan selalu terjaga.

Post a Comment for "Inilah Penyebab Tubuh Kekurangan Vitamin C"