Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sejarah Kawasan Puncak Bogor

Sejarah Kawasan puncak berawal ketika Gubernur Jenderal Belanda keturunan jerman yaitu Gustaaf Willem Baron van Imhoff berkuasa (1743-1750). Pada tahun 1745, Gustaaf membangun sebuah bangunan mewah nan indah di wilayah Bogor, yang nantinya setelah jaman kemerdekaan menjadi Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Pada saat itulah, Gustaf mulai tertarik dengan kawasan puncak yang masih berupa hutan belantara. Awalnya, Gustaf hanya menebang sejumlah pohon-pohon besar, kemudian menggunakan lahannya untuk bertani dan membangun tempat untuk beristirahat. Namun dalam perkembangannya, pembabatan hutan terus berlangsung hingga mencapai puncaknya pada abad 19, ketika pemerintah belanda mulai membangun perkebunan teh yang sangat luas di wilayah tersebut.

Untuk memudahkan pengelolaan, Gustaf menggabungkan Sembilan distrik yang berada di kawasan ini yaitu Cisarua, Pondok Gede, Ciawi, Ciomas, Cijeruk, Sindang Barang, Balubur, Dramaga dan Kampung Baru, kedalam satu pemerintahan yang disebut Regentschap Kampung Baru Buitenzorg. Namun dalam perkembangan berikutnya, nama Buitenzorg dipakai untuk menunjuk wilayah Puncak, Telaga Warna, Megamendung, Ciliwung, Muara Cihideung, hingga puncak Gunung Salak, dan puncak Gunung Gede.

Ketika masa kolonial berakhir, kawasan puncak menjadi milik pemerintah Indonesia. Perkebunan teh yang berada di wilayah ini dialihkan ke pemerintah Indonesia di bawah PT. Perkebunan Nusantara VIII. Pesona kawasan ini memang luar biasa, sehingga Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, memutuskan untuk membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam Puncak, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung. Setelah itu munculah berbagai obyek dan tujuan wisata lainnya yang semakin hari semakin bervariasi.

Saat ini, yang disebut Puncak adalah kawasan di sekitar perbatasan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur. Adapun kecamatan yang termasuk pada wilayah tersebut adalah: 
Ciawi, Bogor
Megamendung, Bogor
Cijeruk, Bogor
Cigombong, Bogor
Sukaraja, terutama desa Gunung Geulis, Sukaraja, Bogor
Cisarua, Bogor
Pacet, Cipanas, Kabupaten Cianjur.
Sukamakmur, Bogor

Post a Comment for "Sejarah Kawasan Puncak Bogor"