Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Pengobatan Kulit Kepala Kering

Apabila di sekitar pundak kerap menemukan serpihan putih yang tipis, mungkin saja itu berasal dari kulit kepala yang kering. Serpihan halus tersebut, lebih kita kenal dengan ketombe. Kulit kepala kering juga ditunjukkan dengan kondisi kulit yang merah, timbul rasa gatal, dan menyebabkan rambut terlihat kering dan kusam.

Hal yang dapat menyebabkan kulit kepala kering yaitu adanya eksim, terlalu sering keramas, cuaca yang dingin dan kering, kekurangan nutrisi serta penggunaan produk pencuci rambut yang dapat mengeringkan kulit kepala.

Kondisi kulit kepala yang kering menunjukkan kurangnya kandungan minyak alami (sebum) dalam kulit kepala. Kurangnya minyak alami menimbulkan kulit kepala yang bersisik, terasa gatal dan membuat rambut kusam dan bercabang. Gunakan produk yang dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala. Salah satunya dengan menggunakan terapi minyak yang dilakukan di tempat perawatan. Dengan menggunakan minyak hangat atau kondisioner yang diaplikasikan dua kali dalam seminggu dapat melembabkan kulit dan mengurangi rasa gatal.

Bagi pemilik kulit kepala kering, pilihlah produk pencuci rambut yang tidak mengeringkan, hindari mencuci rambut setiap hari, hindari penggunaan pengering rambut, serta menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol. Lebih baik menghindari menggaruk kulit kepala dengan menggunakan kuku. Hal ini dapat membuat kulit mengalami luka. Lakukan pemijatan dengan lembut ketika melakukan perawatan.

Pengaruh makanan pada kulit kepala.

Kulit kepala yang kering juga disebabkan karena kekurangan vitamin B6 dan B12 dalam makanan. Sedangkan terlalu banyak mengosumsi makanan yang manis pun dapat menyebabkan kulit kepala kering dan terjadi pengelupasan. Bahkan makanan pedas, makanan yang mengandung alkohol serta mengandung garam yang tinggi dapat mengurangi kelembaban.

Untuk mengatasinya, makanlah makanan yang mengandung vitamin B seperti buah-buahan, sayuran, gandum, dan bila perlu mengosumsi suplemen seng dan selenium. Selain itu, makanan yang mengandung omega 3 juga berfungsi mengatasi kulit kepala yang kering. Perbanyak minum air, juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembab.

Apabila kulit kepala mengalami kekeringan yang cukup parah, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan. Kulit kepala sehat, penampilan pun semakin menarik.

Post a Comment for "Tips Pengobatan Kulit Kepala Kering"