Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Perawatan Kulit Berjerawat

Kulit yang berjerawat merupakan salah satu masalah untuk jenis kulit berminyak. Perawatan kulit berjerawat yang tidak benar, dapat mengakibatkan jerawat bertambah banyak atau bahkan dapat memperburuk penampilan. Masalah jerawat ini biasanya dialami oleh orang berusia antara 20 tahun hingga 30 tahun.  Di usia remaja, masalah kulit ini biasanya dialami oleh anak lelaki. Namun ketika dewasa, biasanya kaum perempuan yang sering mengalaminya.
Jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu :
  • Pori-pori kulit yang tersumbat dan terjangkit bakteri. Produksi kelenjar minyak cenderung meningkat pada usia remaja. Minyak yang dikeluarkan pada umumnya melalui pori-pori kulit. Namun pada kulit yang kotor dan pori-porinya tersumbat, bakteri dapat berkembang biak sehingga menimbulkan jerawat.
  • Faktor hormon juga dapat memicu timbulnya jerawat. Masa puber, masa kehamilan atau masa haid dapat mempengaruhi hormon sehingga memicu timbulnya jerawat. Selain itu, kondisi stres juga bisa mengacaukan hormon dan mempengaruhi tumbuhnya jerawat.
  • Faktor keturunan. Masalah jerawat pada kulit juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Orang tua yang memiliki masalah jerawat di usia muda, biasanya akan menurunkan masalah tersebut pada keturunannya.
Perawatan kulit berjerawat tergantung pada penyebab dan kondisi jerawatnya. Bila jerawat tidak terlalu banyak dan tidak terlalu mengganggu penampilan, sebaiknya melakukan perawatan di rumah saja. Sedangkan jerawat yang membandel dan mengganggu penampilan, lebih baik dikonsultasikan pada ahlinya, seperti dokter kulit. Karena jerawat bisa disebabkan karena kulit yang kotor, namun bukan berarti menangani masalah itu dengan mengelupas kulit. Hal ini dapat merusak fungsi kulit sebagai pelindung.

Cara terbaik untuk melakukan perawatan kulit berjerawat yaitu dengan cara mencucinya dengan lembut dan tidak menggosoknya, gunakan sabun cuci yang lembut dan cocok bagi kulit berjerawat. Sebaiknya menggunakan tangan ketika mencucinya, hindari menggunakan kain jenis tertentu karena dapat dijadikan tempat bersarangnya bakteri.

Untuk menghindari jerawat tumbuh kembali, sebaiknya jangan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Bersihkan selalu wajah dengan rutin, setiap pagi dan malam sebelum tidur.  Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih. Lakukan pijatan yang lembut pada kulit wajah setiap malam hari. Hal ini berfungsi memperlancar pertukaran sel kulit yang sudah mati dengan sel yang masih baru. Selain menimbulkan rasa nyaman, juga dapat mencerahkan wajah.

Post a Comment for "Tips Perawatan Kulit Berjerawat"