Wednesday, 21 March 2018

Tips Mendaki Gunung Cikuray Khusus Buat Pendaki Dari Bogor

Gunung Cikuray merupakan gunung yang banyak di daki oleh para pendaki dari luar Garut. Salah satu kota dengan jumlah pendaki yang cukup banyak yangs ering mendaki Gunung Cikuray Adalah Kota Bogor. Bagi Anda para pendaki dari Bogor yang ingin mendaki Gunung Cikuray Anda bisa membaca Tips Mendaki Gunung Cikuray berikut ini.


Gunung Cikuray adalah gunung yang terletak di kabupaten Garut, provinsi Jawa Barat. Gunung Cikuray juga termasuk gunung tertinggi keempat di jawa barat setelah Gunun  Gede.Akses transportasi menuju gunung Cikuray ini sekarang memang agak mudah, dikarenakan sudah banyak mobil pick-up yang sudah stand by di terminal Guntur.

Untuk menuju kota Garut dari Bogor kita bisa menaiki bus di Ciawi dengan tarif Rp.50.000 (Februari).

Biasanya bus datang sekitar jam 20.00. Biasa nya bus sampai di garut jam 00.00-02.00 pagi. Alangkah baik nya sebelum hari H berangkat anda menghubungi kontak basecamp, di karenakan Untuk booking pick-up dan agar biaya transportasi bisa lebih murah ( sekitar Rp.30.00 ). Jadi, Sebelum anda turun dari bus pick up yang kita booking sudah datang.Jika anda turun di terminal Guntur anda akan disajikan penawaran para calo yang juga agak memaksa hehe dan biasanya jika Turun di terminal Guntur sudah di patok harga untuk pick-up Rp.45000.

Biasanya di terminal Guntur banyak pendaki yang memiliki destinasi ke Gunung Papandayan dan Cikuray.. Jika sudah mencarter pickup kita bisa meminta supir nya untuk mencapai basecamp terlebih dahulu,

Sebelum kita mendaki kita dikenakan biaya simaksi sebesar Rp.10.000, memang standar dengan Harga segitu.Tapi, jika kita via jalur Bayongbong ini kita akan mendapatkan fasilitas yang begitu Wah, sebuah basecamp seperti "saung" tingkat ini memiliki toilet di pinggirnya dan lapangan parkir Yang lumayan luas. Disana juga menjual beberapa souvenir seperti baju, gelang, gantungan dll.
Yebelum mendaki kita alangkah baik nya untuk pemanasan dan juga bertanya tanya bagaimana Kondisi jalur nya dan melihat cuaca juga/



Pos 1 (Pemantau) Titik pendakian - Pos 1 15 Menit
Dari titik pendakian pertama ke pos 1 dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 15 menit,
Suasana di awal titik pendakian masih bangunan warga dan mulai memasuki perkebunan warga yang Indah dan juga hijau. Sesampainya di pos 1 kita akan disuguhkan view gunung Papandayan yang begitu indah.


Pos 2 ( Paparete ) Pos 1 - Pos 2 1 Jam
Setelah kita sampai di pos 1 kita akan melanjutkan ke pos 2 dengan waktu tempuh biasanya sekitar 1 Jam. Di pos 2 terdapat sumber air memang agak jauh harus jalan terlebih dahulu untuk mengisi air. Air di pos 2 itu pertama dan terakhir di gunung Cikuray  via bayongbong.


Pos 3  ( Kandang Bagong ) Pos 2 - Pos 3 2 jam
Melanjutkan pendakian dari pos 2 ke pos 3 itu memang agak lama dan mungkin perjalan dari shelter menuju shelter yang paling lama Memakan waktu 2 jam. Perjalanan ke pos 3 di awali oleh tanjakan ombing. Jika pada Musim kemarau wajib membawa buff atau masker di karenakan jalur disana akan berdebu jika pada musim kemarau. Trek mulai menanjak dan belum terlalu susah untuk di lewati .


Pos 4 ( Chatell ) Pos 3 - Pos 4 35 Menit
Dari Pos 3 ke Pos 4 tidak begitu lama, dan trek juga agak menaik tingkat kesulitan nya juga.
Di pos 4 ini kita akan banyak menemukan botol terisi air tersembunyi di tanah ( BONUS ), memang Biasanya para pendaki menyembunyikan stok air mereka untuk persediaan saat pulang.
 Terkadang kita sering menemuka galian bekas Babi Hutan  ( Bagong ) di perjalan dari pos 3 menuju pos 4 ini.

Pos 5 (Plesetan) Pos 4 - Pos 5 1 Jam
Ya disini lah jalur terberat pendaki karena akan melewati sebuah tanjakan ( Tanjakan Roheng )
Yang membuat orang terkuras tenaga nya dan juga harus berhati hati karena rawan terpleset disana. Sepanjang jalan ke pos 5 ini sampah berserakan dimana mana, sewaktu saya kesana dari pos 4 sampai Pos 5 lah sampah nya yang paling banyak berserakan, dan menemukan sebuah celana dalam, baju, celana.

Pos 6 (Sanghyang bengkonang) Pos 5 - Pos 6 5 50 menit
Perjalanan yang sedikit lagi menuju puncak ini memang lumayan rumit juga dan terus menanjak, Disinilah pos yang biasa nya para pendaki membuat tenda jika meraka kemalaman.

Puncak Utama Pos 6 - Puncak Utama 30 Menit
Medan disini tidak jauh berbeda dengan Tanjakan Roheng, Kita akan naik terus dengan bantuan pegangan akar dan agak tinggi perbedaan pijakan nya.


Titik Awal Pendakian - Pos 1 ( 15 menit )
  • Pos 1 - Pos 2 ( 1 Jam )
  • Pos 2 - Pos 3 ( 2 Jam )
  • Pos 3 - Pos 4 ( 35 Menit )
  • Pos 4 - Pos 5 ( 1 Jam )
  • Pos 5 - Pos 6 ( 50 Menit )
  • Pos 6 - Puncak Utama ( 30 Menit )

Total waktu semuanya kurang lebih 6 jam.
Waktu di atas waktu perjalanan berdasar kan mimin
Waktu biasa nya 6-8 Jam.

NB:
  • Kita dilarang untuk berkemah di puncah utama karena terlalu terbuka tembat nya 2 meter di bawah puncak utama ada dataran luas untuk berkemah yang agak tertutup pepohonan 
  • Saat sudah di atas pos 3 jangan terlalu lama untuk break max 15 min atau 10 min, dikarenakan gunung ini berbeda dengan gunung lain yang tiap pos nya memiliki cuaca atau suhu yang berbeda ( Sumber Volunter )
  • Bawalah sampah anada kebawah !! 
  • Berhati hati lah via Bayongbong ini dikarekan jalur tersulit namun tercepat
  Untuk Estimasi biaya dari bogor

Estimasi Biaya dari bogor
Berangkat jam 8 Naik bus jurusan garut di ciawi Rp.50.000
Naik Pick up di garut entah apa nama lokasi nya bukan di terminal sampai basecamp tartall Rp.30.000
Diantar Pick up basecamp sampai titik pendakian + pulang sampai terminal guntur Rp.35.000
Jadi Semua nya Rp.125.000  x 2 (Rp.250.000 ) (Hanya Transportasi )
Mungkin jika bernegosiasi bisa lebih murah dari ini

Sumber: http://www.infopetualang.id/2016/03/pendakian-gunung-cikuray-2821-mdpl-via.html

0 comments:

Post a Comment

Media Partner


Top