Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan diantaranya memperbaiki daya tahan tubuh, antioksidan, dan mencegah munculnya kanker.

manfaat jeruk nipisJeruk nipis (Citrus aurantifolia ) adalah buah yang memiliki rasa asam dan agak pahit. Manfaat jeruk nipis yang umumnya kita ketahui selama ini hanyalah untuk menghilangkan bau amis atau menjadi penyedap makanan, namun ternyata manfaat jeruk nipis ini sangat banyak dan beragam. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Buah yang satu ini selain segar untuk dijadikan minuman ternyata buah ini juga dapat dijadikan sebagai kecantikan dan kesehatan. Penjelasan singkatnya, nama ilmiah Citrus aurantifolia merupakan nama dari jeruk nipis yang sering kita manfaatkan sebagai minuman tersebut. Jeruk nipis sendiri merupakan salah satu dari jenis jeruk yang kaya akan manfaatnya. Buah yang berbentuk bulat dan berwarna hijau atau kuning ini kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dari segi kecantikan jeruk nipis pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar produk produk kecantikan saat ini. lihat saja banyak produk kecantikan yang mencantumkan jeruk nipis sebagai bahan dasar dari produknya tersebut. Ya walaupun buah ini sudah familiar dikalangan masyarakat naum banyak orang juga yang awam akan manfaat dari buah yang satu ini. ( Baca tentang : Manfaat Jeruk nipis untuk wajah berminyak ) biasanya orang orang mengetahui manfaatnya dari nenek moyang yang telah turun temurun, seperti halnya manfaatnya untuk menyembuhkan penyakit batuk.

Jeruk Nipis untuk Penyedap masakan
Sari buah dalam kandungan jeruk nipis biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, diolah menjadi minuman segar, sebagai bahan pembuat asam sitrat, serta dapat membersihkan karat pada bahan logam atau wadah yang kotor. Disamping itu, manfaat jeruk nipis dapat digunakan sebagai campuran obat tradisional maupun jamu.

Kebiasaan mengonsumsi air jeruk nipis ( kalau tidak memiliki masalah lambung ) memiliki manfaat untuk menaikkan pH dalam tubuh, terutama urine, yang membuat ginjal dapat bekerja dengan lebih baik untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Vitamin C dan bioflavonoid memiliki manfaat untuk memerbaiki daya tahan tubuh, antioksidan, dan mencegah munculnya kanker. Selain itu, vitamin C adalah salah satu komponen untuk pembentukan kolagen secara alami dalam tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis dapat menghambat pertumbuhan kuman
Manfaat jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus ( kuman pada kulit ). Air jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggorokan. Bau harumnya membuat enak, sedap ketika kita berkumur. Kulitnya, bila ditahan didalam mulut, bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap dan mengatasi radang karena mengandung zat asam yang dapat mematikan kuman.

Namun dari banyaknya manfaat yang terkandung dari buah jeruk ini, manfaatnya tidak langsung terasa dalam arti berefek tidak langsung. Akan tetapi perlu waktu dalam menangani masalah masalah yang tersebut diatas. Walaupun tidak langsung cepat dalam satu hari kiranya dengan bahan alami tidak menimbulkan efek samping dalam penggunaanya ( kecuali bagi Anda yang memiliki penyakit dan harus menjauhi buah jeruk ).

Memang Tuhan itu tidak menciptakan sesuatu yang tidak bermanfaat. Lihat saja manfaat jeruk nipis itu sendiri. nah untuk itu tidak ada salahnya kita kembali ke alam lagi seperti nenek moyang kita.

Post a Comment for "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan"